Friday 23 September 2016

10 NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Pada artikel yang satu ini saya akan membagikan ilmu yang mungkin belum kalian ketahui selama ini yaitu 
DAFTAR 10 NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG ,oke langsung cek aja di bawah ini....

A.      10 NEGARA MAJU

1.        SINGAPURA
Singapura adalah salah satu republik di Asia Tenggara dan anggota Persemakmuran, yang mencakup sekelompok pulau, dengan P. Singapura sebagai pulau terbesar. Di sebelah barat dan utara berbatasan dengan Selat Johor (Malaysia), di sebelah timur dan selatan dengan Selat Singapura (Indonesia). Negara ini terletak 137 kilometer sebelah utara garis khatulistiwa. Lokasi negara ini yang strategis, fasilitas infrastrukturnya yang berkembang pesat, kontras budayanya yang memesona, serta atraksi wisatanya, semua berkontribusi terhadap kesuksesannya menjadi daerah tujuan unggulan baik untuk bisnis maupun wisata.

2.        JEPANG
Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di sebelah Timur daratan Semenanjung Korea. Secara astronomis, Jepang berada antara 30°LU - 46°LU dan 128°BT - 179°BT. Luas negara ini sekitar 377.837 km² dengan jumlah penduduk mencapai 127.333.000 jiwa. Berdasarkan kedua indikator tersebut, rata-rata kepadatan penduduk Jepang sekitar 323 jiwa/ km². Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki beberapa pulau besar sebagai pulau utama, yaitu Honshu (pulau terluas sekaligus letak ibukota Jepang, Tokyo), Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Selain itu, terdapat lebih dari 3.000 pulau kecil yang mengelilinginya. Di bidang perekonomian, Jepang banyak memegang peran penting, pendapatan perkapitanya yang tinggi (mencapai 31.410 US dollar) serta kestabilan mata uangnya mengantarkan Jepang sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia. Di percaturan dunia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan mendapat julukan “Macan Asia” karena kemampuan negara - negara tersebut dalam memperkukuh pengaruh perekonomiannya di kawasan Asia.



3.        AMERIKA
Amerika Serikat .... dikatakan sebagai negara maju karena beberapa indikator telah dipenuhi antara lain :
Ø  Perkembangan sektor Industri meningkat sangat pesat
Ø  Didukung oleh SDM yg berkualitas (kemajuan ilmu pengetahuan, tekhnologi dengan kecanggihan informasi) yang mampu mengelola potensi sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat dan negaranya
Ø  Kondisi perekonomian AS yang mengembangkan sistem kompetisi sehingga tidak terjadi penguasan ekonomi pada golongan tertentu seperti monopoli kegiatan usaha, dll. Pendapatan perkapitanya pada umumnya lebih tinggi dari pada negara berkembang.  Rakyat negara maju pada umumnya tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar terutama pendidikan, kesehatan, perumahan
Ø  Pada umumnya negara maju menerapkan prinsip dasar kehidupan sehari-hari dengan berpikiran positif menuju pada kemajuan, seperti taat pada aturan yang berlaku, bertanggungjawab, jujur, menghormati HAM, hukum, dan hak orang lain, cinta produk negaranya, berusaha menabung dan investasi serta sangat menghargai kreativitas, hasil kerja dan pekerjaannya sendiri.

4.        MEXICO
Perkapita lk  US $ 3.470, di dukung oleh beberapa sektor berikut:
Ø  Pertanian. Daerah pertanian terbesar di Delta Rio Grande dan Rio Drl Fuerto. Hasilnya  kopi, tembakau, buah, gandum, kapas, tomat, tebu dll
Ø  Perikanan, terbesar di lakukan di teluk Califfornia meluas sampai Pasifik. Hasilnya ikan tuna, udang dan sardin.
Ø  Pertambangan. Disepanjang pantai timur banyak menghasilkan batu kapur, tembaga, perak (terbesar di dunia), minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi dan gas alam di Tampico (sekitar teluk Meksiko
Ø  Industri. Pusat-pusat industri di Mexico city, Guadalajara (iindustri kulit, gelas,keramik), Puebla (industri tenun). Monterey (penhasil besi baja dan pusat industri modern)

5.        RUSIA
Rusia sudah termasuk negara maju kembali karena ekonominya berhasil dipulihkan dengn pesat pasca runtuhnya adidaya Uni Soviet. Bank Dunia bulan Juli 2013 sudah secara resmi memasukkan kembali Rusia sebagai negara dengan pendapatan perkapita tinggi, yaitu sekitar US$ 23.000 dan terus meningkat secara signifikan. Sebagai tambahan Rusia adalah anggota G8, yaitu kumpulan 8 negara terkaya di dunia dilihat dari kemampuan ekonominya, dan Rusia juga anggota organisasi negara-negara donor Paris Club. Rusia sudah banyak menghapuskan hutang-hutang negara-negara berkembang seperti berbagai negara di Afrika, negara-negara pecahan Uni Soviet, negara-negara Eropa Timur, Irak, Laos, dan masih banyak lagi. Tahun 2012 Rusia menghapuskan 90 % hutang Korut sebesar US$ 11 miliar, dan desember 2013 Rusia menghapus 90 % hutang Kuba sebesar US$ 32 miliar. Jadi sudah jelas Rusia bukan negara berkembang, dari status internasional dan kemampuan ekonominya Rusia sudah jelas negara maju. Adapun berbagai laporan yang menempatkan Rusia sebagai negara berkembang hanya tinggal menunggu revisi saja.

6.        PERANCIS
Alasan Perancis sebagai negara maju :
Ø  Pendapatan per Kapita $27.600
Ø  Industri pegang peranan penting dalam ekonomi
Ø  Menjadi anggota Negara G7
Ø  Penduduk 74% tinggal di perkotaan
Ø  Jaringan Transportasi dan telekomunikasi yang baik

7.        JERMAN
Alasan Jerman sebagai negara maju :
Ø  Industri pegang peranan penting bagi perekonomian dunia
Ø  Menjadi anggota  Negara G7, G8, G20
Ø  Pendapatan per kapita $34.212
Ø  Pertumbuhan penduduk di Jerman yang rendah dengan angka kematian tinggi menyebabkan kesejahteraan-nya juga tinggi
8.        BELANDA
Alasan Belanda sebagai negara maju :
Ø  Perekonomian yang terbuka di kawasan Eropa barat
Ø  Industri makanan sebagai pemegang perekonomiannya
Ø  Pendapatan per kapita $29.332
Ø  Tingkat SDM nya 99,9 %

9.        INGGRIS
Alasan Inggris sebagai negara maju :
Ø  Pendapatan per kapita A$22.907
Ø  Perekonomian Inggris terbesar ke-7 di dunia bersarkan PDB
Ø  Tingkat SDM nya 99,9 %
Ø  Inggris sebagai pusat keuangan Eropa, yaitu berpusat di Kota London

10.    SPANYOL
Alasan Spanyol sebagai negara maju :
Ø  Perekonomiannya terbesar ke 13 di dunia berdasarkan PDB
Ø  Nominal Pendapatan per kapita $24.803
Ø  Ekonominya merupakan sistem ekonomi campuran terbesar kesembilan
Pertumbuhan penduduknya minim

B.       10 NEGARA BERKEMBANG

1.        INDIA
India hingga kini masuk dalam kategori negara berkembang, antara lain karena: Tingginya tingkat pertumbuhan dan beban ketergantungan penduduk, Tingginya tingkat pengangguran, Kurangnya pendidikan dan peningkatan kualitas SDM, Kurangnya pengolahan SDA yang melimpah secara maksimal. Secara astronomis India terletak pada 8°04’ LU - 37°18’ LU dan 68°07’ BT - 97°24’ BT, dengan wilayah seluas 3.165.596 km².


2.        UNI EMIRATES
uni emirates bukan termasuk negara maju karena klasifikasi dari IMF salah satunya diverifikasi ekspor, sehingga eksportir minyak yang memiliki PDB per kapita tinggi tidak akan masuk dalam klasifikasi negara maju. hal ini dikarenakan 70% tingkat barang ekspornya berupa minyak. Maka dari itu uni emirates masih termasuk Negara berkembang.

3.        CHINA
Negara china masih termasuk Negara berkembang karena penduduknya yang banyak dan pendapatan perkapitanya yang kurang meskipun masih industry industri-industri maju yang terdapat di Negara china.

4.        MYANMAR
Republik Persatuan Myanmar (juga dikenal sebagai Birma, disebut "Burma" di dunia Barat) adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Negara seluas 680 ribu km² ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Negara ini adalah negara berkembang dan memiliki populasi lebih dari 50 juta jiwa. Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di Yangon sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005.

5.        ALBANIA
Alasan Albania sebagai negara berkembang :
Ø  Jumlah penduduk 3.600.000 jiwa
Ø  Pendapatan per kapita $4.937

6.        SERBIA
Alasan Serbia sebagai negara berkembang :
Ø  Pendapatan per kapita $5.713
Ø  Jumlah penduduknya tidak seimbang dengan PDB, 7.306.677 jiwa
Ø  Pertumbuhan ekonomi yang lambat

7.        UKRAINA
Alasan Ukraina sebagai negara berkembang :
Ø  Pendapatan per kapitanya $6.554
Ø  Jumlah penduduknya yang juga tidak seimbang dengan PDB, 46.835.305 jiwa

8.        RUMANIA
Negara ini terlek di sebelah utara semenanjung Balkan.
Alasan Rumania sebagai negara berkembang :
Ø  Pendapatan per kapita $12.600
Ø  Hanya bergantung pada sektor jasa saja
Jumlah pengangguran yang melonjak

9.        POLANDIA
Alasan Polandia sebagai negara berkembang :
Ø  Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, dengan jumlah penduduknya 38.157.055 jiwa
Ø  Pendapatan per kapita $13.275
Ø  Hanya bergantung pada sektor pariwisata

10.    LITHUANIA
Alasan Lithuania sebagai negara berkembang :
Ø  Jumlah penduduknya 3.382.041 jiwa

Ø  Pendapatan per kapita $12.980
Share:

0 comments:

Post a Comment

adsense

BTemplates.com

IBX5B53D68D4129A

Total Pageviews

Followers

Hafido cahya. Powered by Blogger.

SIAPAKAH YANG PERTAMA KALI MENCARI JALAN LANGSUNG KE INDONESIA?

Ekspedisi pertama untuk mencari jalan langsung ke Indonesia dirintis oleh bangsa Portugis dan Spanyol. Bangsa-bangsa lain seperti Inggris,...

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Blog Archive